5 Muslim Ini Berkontribusi Besar untuk AS

 5 Muslim Ini Berkontribusi Besar untuk AS

5 Muslim Ini Berkontribusi Besar untuk AS

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Di balik nama besar Amerika Serikat (AS) terdapat peran yang tidak kecil dari tokoh-tokoh muslim di sana. Dimana para muslim ini ikut berkontribusi besar terhadap negara berjuluk Paman Sam tersebut.

Lantas siapa tokoh-tokoh muslim di AS dan apa saja peranannya dalam mengukir sejarah di negara yang berdiri pada 4 Juli 1776 tersebut. Berikut 5 Tokoh muslim AS berpengaruh yang dirangkum Republika dikutip Hidayatuna.com, Selasa (14/7/2020):

Pertama, Muhammad Ali. Legenda olahraga tinju dunia ini adalah petinju yang cemerlang dan gemilang. Di bidang olahraga, Muhammad Ali telah banyak menorehkan rekor bersejarah dan tentu saja ini mengharumkan nama besar AS. Selain itu dirinya juga menjadi tokoh berpengaruh di dunia. Kontribusinya di dalam kemanusiaan tidak diragukan lagi. Ia menjadi aktivis sosial yang lantang menyuarakan keadilan.

Kedua, Kareem Abdul-Jabbar. Jika di dalam olahraga tinju ada Muhammad Ali, maka di dunia basket ada sosok Kareem Abdul-Jabbar. Memiliki nama lahir Ferdinand Lewis Alcindor, Jr, legenda basket negeri Paman Sam ini memiliki kontribusi besar untuk negara sebagai mencetak rekor angka tertinggi di dunia basket sepanjang masa. Ia memilih menjadi seorang muslim ketika ia masuk di perguruan tinggi.

Ketiga, Mike Tyson. Tampaknya setelah nama besar Muhammad Ali ada nama lain yakni Mike Tyson. Sebagai petinju dunia ia menorehkan rekor sebagai petinju paling muda yakni diusia 20 tahun, ia berhasil meraih gelar juara dunia. Prestasi yang ia torehkan ini merupakan kontribusi paling bersejarah untuk negaranya. Mike Tyson mulai memeluk Islam setelah dirinya dipenjara.

Keempat Kelima

Keempat, Malcolm X. Tokoh muslim ini merupakan warga Afrika-Amerika paling berpengaruh dalam sejarah. Kiprahnya di dunia kemanusiaan sangatlah menakjubkan. Malcolm X merupakan sosok yang lantang memperjuangkan keadilan. Ia menentang keras diskriminasi dan rasisme. Berkat konsistensi dalam kemanusiaan, ia telah ikut membesarkan nama negaranya.

Kelima, Yasiin Bey. Jika di dunia olahraga ada sosok Muhammad Ali, Kareem Abdul-Jabbar dan Mike Tyson, maka di bidang musik ada sosok muslim AS yang juga berpengaruh yakni Yasiin Bey. Terkenal sebagai penyanyi beraliran hiphop, Yasiin Bey juga dikenal sebagai aktor film yang gemilang. Namanya beberapa kali masuk nominasi di ajang penghargaan bergengsi seperti Emmy Award, Grammy Award dan Golden Globe. Selain itu dirinya aktif sebagai aktivis kemanusiaan.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 − 1 =