3,6 Juta Masjid, Ternyata Belum Imbangi Peningkatan Muslim Dunia

 3,6 Juta Masjid, Ternyata Belum Imbangi Peningkatan Muslim Dunia

Tunisia Hidupkan Kembali Status Masjid Al-Zaytuna di Dunia Muslim (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Ada sekitar 3,6 juta masjid di seluruh dunia, dengan masing-masing masjid menampung 500 jemaah tiap waktu salat karena meningkatnya Muslim.

Menurut Pew Research Center, jumlah Muslim di seluruh dunia akan tumbuh menjadi 2,76 miliar, atau 29,7 persen dari populasi dunia pada tahun 2050.

Angka-angka tersebut dirilis oleh para peserta pada konferensi internasional yang diadakan di Pusat Kebudayaan Dunia King Abdulaziz — Ithra, Arab Saudi, sebagaimana dirilis dari TRT World, Jumat (26/11).

Acara tiga hari, yang berakhir pada hari Kamis, membahas evolusi sejarah, makna dan fungsi masjid.

Menurut berbagai pusat Islam, jumlah masjid baru yang dibangun di berbagai negara tidak mengimbangi peningkatan populasi Muslim di dunia.

Salah satu negara yang membutuhkan banyak masjid baru adalah Prancis. Di mana hanya ada 2.300 masjid yang melayani lebih dari tujuh juta Muslim.

Jumlah masjid di Amerika Serikat meningkat 31 persen menjadi 2.769 antara tahun 2010 dan 2020. Didorong oleh pertumbuhan populasi Muslim yang stabil, kata sebuah studi yang dirilis Juni lalu. Meningkat 31 persen dari jumlah tahun 2010 sebanyak 2.106.

“Tidak diragukan lagi, kekuatan pendorong utama untuk peningkatan masjid adalah ekspansi stabil populasi Muslim di Amerika. Karena imigrasi dan tingkat kelahiran,” kata laporan itu, “Masjid Amerika 2020: Tumbuh dan Berkembang,” dirilis Rabu.

Sponsor utama survei ini termasuk Islamic Society of North America (ISNA), Center on Muslim Philanthropy. Kemudian Institute for Social Policy and Understanding (ISPU) dan Association of Statisticians of American Religious Bodies (ASARB).

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twenty + 7 =