Cancel Preloader

Maaf Terima

3 Kata Wajib: Maaf, Terima Kasih, Tolong, Jangan Gengsi!

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Kondisi zaman sekarang ini terkadang membingungkan. Hal-hal yang kita anggap baik dan sopan, justru dianggap sebagai bentuk mencari perhatian bahkan dianggap bukan anak zaman now.

Seperti halnya untuk mengatakan tiga kata berupa maaf, terima kasih, dan tolong. Mengucapkan ketiga kata ini tidak sama sekali menunjukkan bahwa kita orang yang lemah. Tetapi mejadi kata yang sangat mulia dan sudah sepatutnya diterapkan setiap orang sejak kecil.

Pengucapan kata tersebut yang dibiasakan sejak kecil akan berpengaruh hingga kita dewasa. Kita akan terus mengaplikasikannya di dalam kehidupan bermasyarakat sehingga hal ini akan menampilkan diri kita sebagai manusia yang paham akan sopan santun, menghargai, dan menghormati orang lain.

Namun fenomena yang ada saat ini, untuk mengucapkan kata maaf, terima kasih, dan tolong terasa sulit sekali. Padahal dengan ucapan kata tersebut, terdapat makna yang sangat dalam.

Mengucapkan Maaf Hindarkan Dari Sifat Sombong

Sewaktu kecil kita sudah diajarkan jika melakukan kesalahan, maka segeralah untuk meminta maaf. Bahkan di pelajaran sekolah SD pun kita juga diajarkan hal serupa secara berulang-ulang kali.

Namun realitanya kata maaf tidak selalu diucapkan karena takut jika dianggap telah kalah. Bahkan lebih parahnya terkadang antara beberapa orang yang terlibat permasalahan akan saling menunggu siapa duluan yang meminta maaf.

Di sinilah rasa gengsi yang besar serta munculnya sifat sombong di dalam diri manusia. Ia menganggap dirinya lebih hebat dan tidak perlu untuk lebih dulu meminta maaf.

Allah SWT juga sangat melarang sifat sombong ini yang merupakan bagian dari penyakit hati. Di dalam hadist riwayat Muslim, Rasulullah saw bersabda:

Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong, walaupun hanya seberat biji sawi.”

Mengucapkan Terima Kasih Adalah Bentuk Penghargaan

Ketika kita mendapatkan kebaikan dari orang lain, maka jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Ini adalah bentuk penghargaan yang diberikan kepada orang yang sudah memberi kita bantuan maupun hal-hal baik.

Namun, untuk mengucapkan terima kasih yang bisa membuat orang lain merasa bahagia adalah diucapkan secara tulus. Ini menandakan bahwa kita benar-benar menghargai jasa baik dari orang lain.

Tetapi pada kenyataannya mengucapkan kata terima kasih tidak semudah yang dibayangkan. Padahal jika kita melakukannya, maka hal ini akan menciptakan hubungan yang baik antara kita dengan orang lain yang menerimanya.

Selain itu mengucapkan terima kasih juga merupakan bagian dari rasa syukur kita kepada Allah SWT. Karena apa pun yang dilakukan oleh manusia adalah atas kehendak-Nya.

Sebagaimana di dalam hadist riwayat Abu Daud dan Tirmidzi:

Tidak dikatakan bersyukur pada Allah bagi siapa yang tidak tahu berterima kasih pada manusia.”

Mengucapkan Tolong Menyadarkan Atas Keterbatasan Kita

Meminjam istilah dari Aristoteles yang mengatakan Zoon Politicon, ketika keberadaan manusia di dunia ini adalah untuk hidup bermasyarakat dan berinteraksi satu sama lain.

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga manusia tidaklah bisa hidup sendiri dan akan selalu membutuhkan orang lain.

Oleh karena itu, di kehidupan ini kita tidak bisa terlepas dari kata tolong. Setiap kita meminta bantuan pada orang lain, sekecil apapun permintaan itu, maka ucapkanlah kata tolong.

Ini menunjukkan bahwa kita menyadari akan keterbatasan diri ini dan kita sangat membutuhkan bantuan. Begitu pun orang yang kita mintai bantuan juga tidak merasa berat hati untuk menolong kita.

Perintah untuk saling tolong menolong pun ada di dalam Al Quran surat Al-Maidah ayat 2:

Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.

Mengucapkan kata maaf, terima kasih, dan tolong telah menunjukkan bahwa kita adalah manusia yang beretika. Di dalam hidup berdampingan di dunia ini, kita tidak bisa mengedepankan ego masing-masing.

Karena kita bukanlah makhluk sempurna yang bisa melakukan segala sesuatunya seorang diri. Oleh karena itu, penting untuk selalu membina hubungan yang baik dengan orang lain, salah satunya dengan menerapkan ucapan yang positif.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen + five =