19 Juli, Pertempuran Guadalete Pecah, Tariq Kalahkan Visigoth

 19 Juli, Pertempuran Guadalete Pecah, Tariq Kalahkan Visigoth

Gualete (Foto: Ist)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Tahukah kalian apa yang terjadi terkait sejarah hari ini di masa lampau tepatnya tanggal 19 Juli? Salah satu peristiwa besar yang terjadi hari ini 19 Juli adalah pecahnya Pertempuran Guadalete. Sebuah pertempuran besar yang menjadi titik balik kekuatan Islam mengusai daratan Eropa.

Dilansir dari Islamic Scientific Heritage melalui unggahan di akun Twitter pribadinya @IslamicSH_ menjelaskan bahwa peristiwa besar di dunia Islam pada 19 Juli adalah ketika Pertempuran Guadalete terjadi di Spanyol selatan.

Di mana dalam pertempuran itu, pasukan Muslim di bawah komando Tariq bin Ziyad sukses mengalahkan Visigoth. Kemenangan ini membuka peluang kekuatan Islam masuk ke daratan Eropa khususnya Spanyol.

“Pada hari ini (19 Juli), Pertempuran Guadalete terjadi di Spanyol selatan. Pasukan Muslim di bawah Tariq bin Ziyad mengalahkan Visigoth yang dipimpin oleh raja mereka Roderic. Pertempuran tersebut menandai dimulainya penaklukan Umayyah atas Hispania,” tulis Islamic Scientific Heritage dikutip Senin (19/7/2021).

Sebagai informasi, Pertempuran Guadalete terjadi pada tanggal 19 Juli 711, di sekitar sungai Guadalete yang terletak sangat selatan dari wilayah Al-Andalus dimana pasukan muslim pimpinan Tariq bin Ziyad sukses mengalahkan pasukan Visigothic pimpinan Raja Roderic.

Pembuka Jalan Pasukan Muslim

Kemenangan ini diasumsikan sangat penting sebagai pembuka jalan untuk pasukan muslim menaklukan semua wilayah Andalusia dikemudian hari sehingga dibuat menjadi ronde dari wilayah muslim selama nyaris 8 seratus tahun sampai dengan kejatuhannya pada tahun 1492.

Wilayah Al-Andalus meliputi Spanyol, Portugal, Andorra, Gibraltar dan sekitarnya. Pasukan Tariq bin Ziyad pun memulai pendaratan sebelum penyerangan melalui Gibraltar, atau Jabal Tariq.

Menurut literatur sejarah, Roderikus atau juga disebut Roderic merupakan raja terakhir Hispania (sekarang Iberia) yang berasal dari bangsa Visigoth.

Raja Roderic tewas dalam pertempuran pasukan Visigoth melawan pasukan Tariq bin Ziyad tersebut. Sehingga, Tariq yang dikenal dengan nama Taric el Tuerto kemudian menjadi gubernur wilayah Andalusia.

Sementara itu Tariq bin Ziyad merupakan seorang jenderal dari dinasti Umayyah. Ia dipercaya menjalankan misi penaklukkan wilayah Andalusia dan berhasil. Namun, Tariq bin Ziyad kemudian ditarik pulang ke Damaskus oleh Khalifah Walid I.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven + 10 =